1. Hipotesis untuk peneletian dengan judul “pengaruh pemberian pupuk urea terhadap pertumbuhan tanaman jagung” adalah …..
A. Urea berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman jagung
B. Urea dipengaruhi oleh kelembapan udara
C. Tingkat pertumbuhan tanaman jagung yang masih muda menentukanproduksinya
D. Pertumbuhan tanaman jagung dipengaruhi oleh suhu, cahaya, tanah, dan air
E. Produksi tanaman jagung dipengaruhi oleh pengolahan tanah
A. Urea berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman jagung
B. Urea dipengaruhi oleh kelembapan udara
C. Tingkat pertumbuhan tanaman jagung yang masih muda menentukanproduksinya
D. Pertumbuhan tanaman jagung dipengaruhi oleh suhu, cahaya, tanah, dan air
E. Produksi tanaman jagung dipengaruhi oleh pengolahan tanah
Jawaban: a. urea berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman jagung
2. Berikut adalah langkah-langkah metode ilmiah:
1) Mengumpulkan data
2) Merumuskan hipotesis
3) Menarik simpulan
4) Merumuskan masalah
5) Melakukan pecobaan
6) Menyusun teori
2. Berikut adalah langkah-langkah metode ilmiah:
1) Mengumpulkan data
2) Merumuskan hipotesis
3) Menarik simpulan
4) Merumuskan masalah
5) Melakukan pecobaan
6) Menyusun teori
Urutan yang benar adalah …..
A. 1-2-3-4-5-6
B. 2-1-4-5-3-6
C. 2-1-5-4-3-6
D. 4-1-2-5-3-6
E. 4-1-5-2-3-6
Jawaban: d. 4-1-2-5-3-6
3. Dalam hidupnya, manusia bergantung pada alam. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya dipelajari dalam ilmu …..
A. Ekosistem
B. Taksonomi
C. Genetika
D. Morfologi
E. Ekologi
Jawaban: e. ekologi
4. Diantara cabang ilmu berikut yang memiliki bidang kajian paling luas adalah …..
A. Mikrobiologi
B. Bakteriologi
C. Mikologi
D. Virology
E. Zoology
Jawaban: a. mikrobiologi
A. 1-2-3-4-5-6
B. 2-1-4-5-3-6
C. 2-1-5-4-3-6
D. 4-1-2-5-3-6
E. 4-1-5-2-3-6
Jawaban: d. 4-1-2-5-3-6
3. Dalam hidupnya, manusia bergantung pada alam. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya dipelajari dalam ilmu …..
A. Ekosistem
B. Taksonomi
C. Genetika
D. Morfologi
E. Ekologi
Jawaban: e. ekologi
4. Diantara cabang ilmu berikut yang memiliki bidang kajian paling luas adalah …..
A. Mikrobiologi
B. Bakteriologi
C. Mikologi
D. Virology
E. Zoology
Jawaban: a. mikrobiologi
5. Kunci untuk belajar biologi adalah mempelajari …..
A. Bahan-bahan kimia
B. Batu-batuan
C. Kehidupan di sekitar kita
D. Fosil-fosil makhluk hidup
E. Materi dan energi
Jawaban: c. kehidupan disekitar kita
6. Salah satu manfaat mempelajari biologi di bidang pertanian adalah …..
A. Penemuan bibit unggul
B. Berkurangnya plasma nutfah
C. Punahnya tanaman berkualitas rendah
D. Matinya tanaman-tanaman langka
E. Meningkatnya hama serangga
Jawaban: a. penemuan bibit unggul
7. Diantara nama-nama berikut, yang bukan ilmuan yang berjasa dalam perkembangan ilmu biologi adalah …..
A. Louis Pasteur
B. Galileo Galilei
C. Gregor Mendel
D. Watson dan Crick
E. Carolus Linnaeus
Jawaban: b. Galilo Galilei
8. Berikut ini yang merupakan contoh permasalahan biologi pada tingkat organ adalah …..
A. Perbedaan struktur sel hewan dan tumbuhan
B. Perkembang biakan virus dalam tubuh makhluk hidup
C. Infeksi usus halus
D. Gangguan system pencernaan
E. Tercemarinya air sungai
Jawaban: c. infeksi usus halus
9. Sebuah ilmu harus dinyatakan secara jujur atau apa adanya sehingga sebuah ilmu harus bersifat ……
A. Universal
B. Sistematis
C. Objektif
D. Analitis
E. Verifikasi
Jawaban: c. objektif
1. Dalam biologi, berbagai keterangan mengenai sel akan mendukung pengetahuan tentang jaringan. Hal ini menunjukan bahwa ilmu biologi bersifat …..
A. Universal
B. Sistematis
C. Verifikasi
D. Analisis
E. Objektif
Jawaban: a. universal
1. Tercemarnya air sungai dan penebangan liar dihutan menyebabkan matinya tumbuhan dan hewan-hewan yang hidup didalamnya. Selain itu juga dapat merusak habitat dan struktur tanah serta perubahan suhu yang disebabkan berkurangnya tumbuhan hijau. Peristiwa tersebut merupakan permasalahan biologi yang terjadi di tingkat …..
A. Jaringan
B. Populasi
C. Individu
D. Ekosistem
E. Komunitas
Jawaban: d. ekosistem
2. Setiap ilmu pengetahuan memiliki objek kajian. Berikut ini yang bukan objek kajian ilmu biolohi adalah…..
A. Putrid duyung
B. Paus
C. Dinosaurus
D. Lumba-lumba
E. Iguana
Jawaban: a. putri duyung
3. Seseorang menderita infeksi usus halus merupakan salah satu contoh permasalahan biologi yang terjadi pada tingkat …..
A. Sel
B. Jaringan
C. Organ
D. System organ
E. Individu
Jawaban: c. organ
4. Berikut ini bukan merupakan sikap yang harus dilakukan selama di laboratorium adalah …..
A. Menjaga kebersihan
B. Menjaga ketertiban
C. Mengerjakan dengan serius
D. Fokus pada praktikum
E. Meggunakan semua bahan kimia yang ada di laboratorium
Jawaban: e. menggunakan semua bahan kimia yang ada di labolatorium
A. Bahan-bahan kimia
B. Batu-batuan
C. Kehidupan di sekitar kita
D. Fosil-fosil makhluk hidup
E. Materi dan energi
Jawaban: c. kehidupan disekitar kita
6. Salah satu manfaat mempelajari biologi di bidang pertanian adalah …..
A. Penemuan bibit unggul
B. Berkurangnya plasma nutfah
C. Punahnya tanaman berkualitas rendah
D. Matinya tanaman-tanaman langka
E. Meningkatnya hama serangga
Jawaban: a. penemuan bibit unggul
7. Diantara nama-nama berikut, yang bukan ilmuan yang berjasa dalam perkembangan ilmu biologi adalah …..
A. Louis Pasteur
B. Galileo Galilei
C. Gregor Mendel
D. Watson dan Crick
E. Carolus Linnaeus
Jawaban: b. Galilo Galilei
8. Berikut ini yang merupakan contoh permasalahan biologi pada tingkat organ adalah …..
A. Perbedaan struktur sel hewan dan tumbuhan
B. Perkembang biakan virus dalam tubuh makhluk hidup
C. Infeksi usus halus
D. Gangguan system pencernaan
E. Tercemarinya air sungai
Jawaban: c. infeksi usus halus
9. Sebuah ilmu harus dinyatakan secara jujur atau apa adanya sehingga sebuah ilmu harus bersifat ……
A. Universal
B. Sistematis
C. Objektif
D. Analitis
E. Verifikasi
Jawaban: c. objektif
1. Dalam biologi, berbagai keterangan mengenai sel akan mendukung pengetahuan tentang jaringan. Hal ini menunjukan bahwa ilmu biologi bersifat …..
A. Universal
B. Sistematis
C. Verifikasi
D. Analisis
E. Objektif
Jawaban: a. universal
1. Tercemarnya air sungai dan penebangan liar dihutan menyebabkan matinya tumbuhan dan hewan-hewan yang hidup didalamnya. Selain itu juga dapat merusak habitat dan struktur tanah serta perubahan suhu yang disebabkan berkurangnya tumbuhan hijau. Peristiwa tersebut merupakan permasalahan biologi yang terjadi di tingkat …..
A. Jaringan
B. Populasi
C. Individu
D. Ekosistem
E. Komunitas
Jawaban: d. ekosistem
2. Setiap ilmu pengetahuan memiliki objek kajian. Berikut ini yang bukan objek kajian ilmu biolohi adalah…..
A. Putrid duyung
B. Paus
C. Dinosaurus
D. Lumba-lumba
E. Iguana
Jawaban: a. putri duyung
3. Seseorang menderita infeksi usus halus merupakan salah satu contoh permasalahan biologi yang terjadi pada tingkat …..
A. Sel
B. Jaringan
C. Organ
D. System organ
E. Individu
Jawaban: c. organ
4. Berikut ini bukan merupakan sikap yang harus dilakukan selama di laboratorium adalah …..
A. Menjaga kebersihan
B. Menjaga ketertiban
C. Mengerjakan dengan serius
D. Fokus pada praktikum
E. Meggunakan semua bahan kimia yang ada di laboratorium
Jawaban: e. menggunakan semua bahan kimia yang ada di labolatorium
5. Ilmu pengetahuan merupakan kumpulan, prinsip, hukum, dan teori yang terbentuk melalui serangkaian kegiatan ilmiah. Suatu pengetahuan disebut ilmu bila memiliki ciri-ciri berikut, kecuali ……
A. Memiliki objek kajian
B. Subjektif
C. Objektif
D. Universal
E. Sistematis
Jawaban: b. subjektif
6. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya dipelajari dalam ilmu khusus yaitu …..
A. Zoology
B. Ekologi
C. Botani
D. Embriologi
E. Bioteknologi
Jawaban: b. ekologi
7. Dalam suatu ekosistem darat ditemukan tumbuhan yang dominan adalah jenis sukulen. Ekosistem tersebut adalah bioma …..
A. Tundra
B. Taiga
C. Padang rumput
D. Padang pasir atau gurun
E. Sapana
Jawaban: a. tundra
8. Kajian suatu ilmu dapat terbagi-bagi menjadi bagian yang lebih rinci guna memahami berbagai hubungan, sifat, serta peranan dari bagian-bagian tersebut merupakan cirri-ciri ilmu yang bersifat ….
A. Universal
B. Analitis
C. Verifikatif
D. Sistematis
E. Objektif
Jawaban: b. analitis
9. Berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah …..
A. Manusia
B. Hewan
C. Tumbuhan
D. Mikroorganisme
E. Benda mati
Jawab: e. benda mati
A. Memiliki objek kajian
B. Subjektif
C. Objektif
D. Universal
E. Sistematis
Jawaban: b. subjektif
6. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya dipelajari dalam ilmu khusus yaitu …..
A. Zoology
B. Ekologi
C. Botani
D. Embriologi
E. Bioteknologi
Jawaban: b. ekologi
7. Dalam suatu ekosistem darat ditemukan tumbuhan yang dominan adalah jenis sukulen. Ekosistem tersebut adalah bioma …..
A. Tundra
B. Taiga
C. Padang rumput
D. Padang pasir atau gurun
E. Sapana
Jawaban: a. tundra
8. Kajian suatu ilmu dapat terbagi-bagi menjadi bagian yang lebih rinci guna memahami berbagai hubungan, sifat, serta peranan dari bagian-bagian tersebut merupakan cirri-ciri ilmu yang bersifat ….
A. Universal
B. Analitis
C. Verifikatif
D. Sistematis
E. Objektif
Jawaban: b. analitis
9. Berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah …..
A. Manusia
B. Hewan
C. Tumbuhan
D. Mikroorganisme
E. Benda mati
Jawab: e. benda mati
0 comments:
Post a Comment