a. sasaran
b. strategi
c. evaluasi
d. draf usaha
e. tujuan
Jawaban: c
Pembahasan: evaluasi adalah suatu aktivitas untuk melakukan analisis kinerja suatu usaha bisnis. Evaluasi usaha prinsip dasar utamanya adalah membandingkan rencana usaha yang telah dibuat sebelum kegiatan dimulai dengan apa yang telah dicapai pada akir masa produksi.
2. Suatu kegiatan usaha mengenalkan barang hasil produksi kerajinan pada masyarakat luas disebut….
a. proposal
b. publikasi
c. evaluasi
d. pembukuan
e. biaya produksi
Jawaban: b
Pembahasan: publikasi adalah metode paling ampuh untuk berbisnis yaitu menggunakan hasil produksi kerajinan pada khayalak umum. Usaha tanpa publikasi adalah kerugian.
3. Suatu tindakan untuk mencapai suatu sasaran dalam hal usaha kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal disebut….. usaha
a. tujuan
b. strategi
c. manfaat
d. sasaran
e. langkah kegiatan
Jawaban: b
Pembahasan: Business strategy (strategi usaha) adalah perumusan rencana dan kebijakan jangka panjang usaha yang menyesuaikan kegiatan produksi dan pemasaran dalam rangka pencapain tujuan usahanya.
4. Dengan adanya sebuah proposal usaha, pihak manajemen usaha kerajinan akan memperoleh masukan yang dapat menjadi pertimbangan untuk….
a. menambah kapasitas produksi
b. perluasan usaha
c. mengalahkan saingan usaha
d. menambah jenis produksi
e. pembukaan cabang baru
Jawaban: b
Pembahasan: apabila sebuah usaha kerajinan maju maka selanjutnya adalah melakukan perluasan usaha
5. Dalam pengelolaan sumber daya usaha kerajinan, faktor yang paling menentukan ialah….
a. manusia
b. materi
c. metode
d. uang
e. mesin
Jawaban: a
Pembahasan: manusia adalah pemain utama dalam pembuatan dan pengembangan usaha kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal, tanpa adanya manusia yang kompeten mustahil usaha akan maju.
6. Menetapkan dan menentukan urut-urutan produksi dan bahan mentah sampai menjadi produk akhir dalam usaha kerajinan disebut….
a. routing
b. ispatching
c. follop up
d. scheduling
e. patching
Jawaban: e
Pembahasan: patching adalah kegiatan penetapan proses produksi sampai menjadi produk akhir dalam wirausaha kerajinan tangan.
7. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan desain proses produksi kerajinan, kecuali….a. routing
b. ispatching
c. follop up
d. scheduling
e. patching
Jawaban: e
Pembahasan: patching adalah kegiatan penetapan proses produksi sampai menjadi produk akhir dalam wirausaha kerajinan tangan.
a. jenis kerajinan
b. teknik
c. pendistribusian
d. manfaat
e. pengemasan
Jawaban: c
Pembahasan: pendistribusian merupakan kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan). Pendistribusian bukan bagian desain proses produksi kerajinan tapi bagian pemasaran kerajinan.
8. Penciptaan, pengubahaan atau penambahan nilai guna suatu barang disebut….
a. proses produksi
b. pengemasan
c. analisis gagasan
d. teknik produksi
e. penjualan
Jawaban: a
Pembahasan: proses produksi adalah kegiatan yang mengkombinasikan faktor-faktor produksi (man, money, material, method) yang ada untuk menghasilkan suatu produk, baik berupa barang atau jasa yang dapat diambil nilai lebihnya atau manfaatnya oleh konsumen.
9. Berikut yang bukan perencanaan proses produksi kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal adalah….
a. proses persiapan
b. analisis gagasan
c. prosedur kerja
d. penyaringan gagasan
e. uji coba produksi
Jawaban: c
Pembahasan: perencanaan produksi dapat didefinisikan sebagai proses untuk merencanakan sistem produksi sehingga permintaan pasar dapat dipenuhi dengan jumlah yang tepat, waktu penyerahan yang tepat.
10. Berikut yang tidak termasuk dalam kerajinan yang inspirasinya dari artefak/budaya lokal yaitu….
a. ingke
b. keris
c. golok
d. bakul nasi
e. lampion
Jawaban: e
Pembahasan: lampion merupakan kerajinan inspirasinya dari budaya Tiongkok atau Cina
0 comments:
Post a Comment