Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Konsep Dasar Ilmu Ekonomi


Pengertian Ilmu Ekonomi
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia berusaha untuk mencapai keseimbangan dalam memenuhi kebutuhan baik yang bersifat jasmaniah maupun yang bersifat rohaniah. Sedangkan yang dimaksud dengan kemakmuran adalah kesanggupan seseorang untuk memenuhi segala kebutuhannya secara harmonis dan seimbang baik yang bersifat jasmaniah maupun yang bersifat rohaniah.

Kemakmuran merupakan tujuan dari setiap orang dan setiap negara. Untuk mencapai kemakmuran yang diharapkan tersebut tidak bisa lepas dari inti ekonomi, karena inti ilmu ekonomi banyak berperan dalam menentukan bagaimana caranya seseorang atau suatu negara harus bertindak agar dapat mencapai kemakmuran yang diharapkan.

konsep dasar ilmu ekonomi


Tujuan Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ilmu ekonomi sangat besar peranannya dalam memilih dan menentukan alternatif dari banyaknya kebutuhan yang harus dipuaskan dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas. 

Dilihat dari definisi dan masalah ekonomi, maka tujuan dari ilmu ekonomi adalah bagaimana usaha-usaha manusia agar kebutuhannya yang tidak terbatas itu dapat dipenuhi dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas, sehingga tercapai keseimbangan baik secara jasmani maupun secara rohaniah guna mencapai kemakmuran yang diharapkan.

Sasaran Ilmu Ekonomi

Yang menjadi sasaran dari ilmu ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan adanya ilmu ekonomi manusia akan tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dipilih dalam memenuhi berbagai kebutuhan dalam kehidupannya.

Sasaran dari ilmu ekonomi antara lain adalah :

  1. Menentukan alternatif pemilihan : memberikan tuntunan pada manusia dalam proses pemilihan terhadap beberapa alternatif pemenuhan kebutuhan
  2. Tindakan ekonomi : memberikan tuntunan sehingga menghasilkan tindakan cermat dan hemat dalam menghadapi masalah ekonomi berkenaan dengan terbatasnya sumber alat pemuas kebutuhan dan tidak terbatasnya kebutuhan manusia.
  3. Prinsip ekonomi : memberikan tuntunan pada manusia dalm menggunakan sumber-sumber alam yang tersedia agar tidak bisa bertindak sewenang-wenang, melainkan dengan memperhatikan suatu asas yang akan membantu memecahkan masalah ekonomi.

Dari uraian tersebut jelaslah bahwa, sasaran dari ilmu ekonomi adalah untuk memberikan tuntunan atau petunjuk dalam memilih dan menentukan kegiatan atau usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Metode Ilmu Ekonomi

Untuk mengadakan penyelidikan di dalam ilmu ekonomi biasanya digunakan metode :

1.  Metode induksi ( empiris )
Metoda induksi adalah suatu cara yang berpangkal pada sumber-sumber kejadian-kejadian ekonomi, kemudian disusun secara sistematis untuk memperoleh suatu kesimpulan yang lebih umum ( dari kejadian khusu ditarik ke peristiwa yang khusus )

2.  Metoda Deduksi ( abstraksi )
Metoda deduksi adalah metoda metode yang penyelidikannya berpangkal dari dalil-dalil ekonomi , kemudian disususn suatu kesimpulan yang lebih khusus ( dari peristiwa yang umum ditarik ke peristiwa yang lebih khusus ).

Dalam prakteknya kita tidak mesti hanya menggunakan salah satu metode saja, akan lebih baik jika digunakan salah satu metode tersebut dan dengan mengindahkan metode yang satunya lagi sebagai pelengkap.

0 comments:

Post a Comment